-->

Syarat dan Cara Monetisasi Facebook

Facebook merupakan sebuah media sosial yang kini banyak diminati oleh semua kalangan, mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas serta tidak memandang umur karena penggunanya bahkan ada anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Jejaring sosial yang dikembangkan oleh Mark Zuckerberg ini juga mempunyai jumlah pengguna yang besar di seluruh dunian dimana admin sendiri tidak tahu besar jumlahnya tersebut.


Seiring perkembangan zaman, jejaring sosial Facebook yang awalnya hanya digunakan sebagai sarana untuk mempublikasikan unit atau moment kegiatan kesehariaan kepada teman atau pengguna Facebook yang terhubung. Kini telah memberi kabar gembira bagi konten kreator yang akan berkontribusi di salah satu media sosial populer ini.

Bukan hanya itu, ini juga merupakan cambukan bagi Youtube yang mengalami persaingan ketat para konten kreatornya atau lebih familiar dengan sebuatan Youtuber pada tahun 2020 ini. Karena saat ini, Facebook maju selangkah demi memuaskan dan memelihar penggunanya serta berpeluang untuk menarik pengguna baru lebih banyak lagi.

Monetise atau Monetisasi Facebook muncul sebagai anugrah bagi kreator yang senang dan gemar membuat konten yang unik dan menarik. Sebenarnya tidak ada karya yang sia-sia, apa lagi konten yang anda buat adalah karya original atau asli buatan anda sendiri. Faktor kedua adalah anda harus yakin bahwa konten anda akan disukai serta membawa visitor atau pengunjung yang banyak.

Bagi anda yang tertarik untuk menggeluti dunia kreator di Facebook atau mungkin dikenal dengan nama Facebooker ( orang yang berkontribusi di Facebook ), maka yang harus anda perhatikan dahulu yaitu mempunyai akun Facebook.

Setelah itu anda dapat memulainya dengan membuat sebuah halaman untuk di jadikan wadah khusus penyimpanan konten anda untuk di publikasikan ke banyak orang, sehingga tidak tercampur dengan konten privasi/ pribadi anda sendiri.
Baca Juga : Cara Mudah Menghasilkan Uang di Facebook

Anda dapat melewati paragraf ini bila anda telah memiliki halaman Fanspage di Facebook. Namun, jika anda belum mempunyai halaman dan belum tahu cara membuat halaman di Facebook, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah yang saya tuliskan di bawah ini:
  • Setelah anda berada pada halaman utama atau beranda Facebook, maka anda dapat membuat sebuah halaman dengan menekan tombol Buat yang berada tepat di sebelah kanan tombol Beranda.
  • Pilih Halaman, karena anda akan membuat sebuah wadah yang terhubung atara anda dengan penggemar anda.
  • Dan selanjutnya akan muncul dua jenis halaman atau tipe halaman yang berbeda.
  • Pilih Bisnis atau Merek jika konten anda terkait dengan merek atau memamerkan sebuah produk. Biasanya halaman tipe ini diguanakan sebagai sarana untuk memasarkan atau memperkenalkan sebuah produk, namun anda tetap dapat membuat konten seperti kategori kecantikan, kesehatan, aksesoris dan gaya hidup.
  • Pilih Komunitas atau Tokoh Masyarakat bila anda mempunyai sebuah komunitas atau organisasi yang memiliki jumlah anggota yang besar, maka anda dapat menggunakan tipe halaman ini untuk tetap terhubung dan berbagi informasi kepada anggota anda. Namun, anda juga dapat membuat konten yang berguna seperti perjalanan, wisata, berpetualang, serta membuat sebuah kreatifitas yang diharpkan berguna bagi pengunjug atau penonton anda.
  • Jika anda selesai memilih salah satunya, maka anda dapat membuat halaman anda denga cara menekan tombol Memulai yang berada tepat dibawah masing-masing pilihan tipe halaman yang dijelaskan tadi. 
  • Setelah itu, masukkan nama halaman dan jenis kategori yang anda inginkan. Lalu tekan tombol Lanjutkan untuk memulai pembuatan halaman.
  • Selanjutnya unggah foto profil halaman anda bila memmpunyai gambar untuk dijadikan profil halaman, namun jika anda tidak memiliki gambar profil untuk di unggah maka anda dapat melewati proses tersebut dengan menekan tombol Lewati.
  • Setelah itu anda dapat mengunggah foto sampul profil anda bila mempunyai gambar untuk di upload. Namun bila anda tidak memiliki gambar sampul saat ini, maka anda dapat meleatinya dengan menekan tombol Lewati.
  • Halaman anda sudah jadi dan siap digunakan.

Untuk membuat orang lain percaya pada halaman anda, maka anda dapat melengkapi data-data yang dibutuhkan seperti membuat nama pengguna, masukkan email, nomor telephone, unggah foto profil dan foto sampul karena ini akan membuat pengunjung tertarik dengan halaman anda serta berikan sedikit deskripsi singkat tentang halaman anda agar orang lain mengerti mangapa anda membuat halaman tersebut.

Setelah semua proses diatas selesai, maka anda dapat memulai kegiatan anda sebagai kreator Facebook serta memulai tahap anda dalam mendapatkan pengasilan di Facebook dengan cara mengikuti langkah-langkah dibawah ini :
  • Setelah anda berada pada halaman Fanspage yang di buat tadi, maka cari tombol Alat Penerbitan yang biasanya terdapat pada halaman atas Fanspage anda.
  • Klik tombol Alat Penerbitan, maka akan muncul sebuah laman yang berisi postingan atau aktifitas anda. Kemudian cari menu Fitur dan klik tombol Creator Studio.
  • Setelah halaman Creator Studio muncul, maka anda cukup menekan tombol Mulai.
  • Ikuti beberapa arahan yanng diberikan, setelah selesai maka anda dapat membuat konten atau postingan dengan menekan tombol (+) yang berada di pojok kanan bawah.
  • Lalu akan muncul lima pilihan antara lain : Buat Postingan, Unggah Video, Beberapa Video, Siarkan Langsung, Posting Video di Seluruh Halaman.
  • Buat postingan, bila anda akan mempublikasikan sebuah kata-kata, cerita, artikel atau bahkan sebuah moment dalam bentuk gambar. Namun tidak menutup kemungkinan anda juga dapat melakukan siarang langsung, serta mengajak penggemar anda untuk nonton barenng.
  • Unggah Video, untuk mengunggah vidoe asli buatan anda sendiri dan bukan video duplikat atau pernah di upload di media sosial lainnya.
  • Beberapa Video, mengunggah beberapa video yang telah disiapkan serta menyiarkan langsung sesuai daftar putar ke semua halaman Fanspage anda bila anda mempunyai beberapa halaman Fanspage.
  • Siarkan Langsung, melakukan streaming secara langsung bertatap muka dengan penggemar anda. Namun, untuk menggunakannya anda harus mempunyai aplikasi streamer seperti OBS atau Mirilis, jika anda tidak memiliki aplikasi yang admin sebutkan tadi maka anda dapat menggunakan Live Producer yang telah disediakan oleh Facebook. Bila anda ingin live streaming hanya untuk sekedar menyapa penggemar anda, maka anda dapat menggunakan kamera webcam atau kamera Hp anda sendiri.
  • Posting di Seluruh Halaman, memilih satu halaman utama sebagai tempat untuk mengunggah video anda dan selanjutnya memilih halaman yang akan dibagikan postingan halaman utama. Jadi, anda dapat mengupload video anda pada halaman utama dan menayangkan postingan anda di semua halaman Fanspage yang anda pilih sesuai dengan jadwal yang anda tetapkan oleh anda.

Untuk melihat apakah halaman Fanspage anda sudah siap menghasilakn uang di Facebook, maka anda dapat menemukan pada menu Monetisasi ($). Facebook akan menverifikasi kelayakan halaman Fanspage anda, dan setelah melihat Syarat-Syarat Monetisasi Facebook maka anda akan tahu apa yang harus dilakukan untuk menentukan ketepatan konten atau video anda.

Ada dua tahap untuk Monetisasi dengan Facebook, yang pertama adalah Kelayakan Halaman, dan yang kedua adalah Fitur Monetisasi

1. Kelayakan Halaman, dimana syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah :
  • Membutuhkan 1.000 pengikut.
  • Membutuhkan 15.000 interaksi postingan selam 60 hari atau sekitar dua bulan.
  • Membutuhkan 180.000 menit ditonton diantara semua video dalam kurung waktu 60 hari.
  • Membutuhkan 30.000 tayangan 1 menit pada tayangan video yang setidaknya berdurasi 3 menit.
  • Kesehatan halaman, jangan pernah membagikan atau memposting konten yang tidak memiliki izin untuk dibagikan, jadi, nyamanlah anda diatas lisensi karya anda sendiri.

Setelah tahap diatas sudah tercapai, maka anda dapat menekan tombol Siapakan Monetisasi, Facebook akan mengirim email terkait pangajuan permohonan Monetisasi anda dan Facebook akan menverifikasi permohonan anda. Bila di setujui maka anda dapat melakukan Monetisasi dengan Facebook dan lanjut ke syarat-syarat tahap kedua.

2. Fitur Monetisasi.
  • Iklan In-Stream, merupakan sebuah iklan pendek yang dapat anda sertakan dalam video anda untuk mendapatkan uang. Tapi tentunnya memiliki syarat-syarat sebagai berikut : Videoh harus berdurasi minimal 3 menit, Konten sesuai dengan iklan, Memiliki 10.000 pengikut dan 30.000 tayangan 1 menit untuk video berdurasi 3 menit.
  • Pengelola Kolaborasi Merek, yaitu memperoleh penghasilan dari kemitraan berbayar dengan merek yang ingin berkolaborasi dalam membuat dan membagikan konten kepada visitor atau penggemar anda. Namun, memiliki syarat-syarat yang juga harus dipenuhi anatar lain : Kreator dengan pengikut yang aktif dan loyal, Kreator konten foto dan video asli, Topik halaman sebagian besar merek tidak akan dilihat sebagai berisiko, Memiliki jumlah pengikut minimal 1.000, 15.000 interaksi postingan termasuk komentar dan dibagikan, 180.000 menit ditonton termasuk menit pemutaran ulang video, 30.000 tayangan 1 menit untuk video 3 menit.
  • Langganan Penggemar, Kembangkan komunitas dan bangun citra bagi pelanggan anda serta pelihara langganan anda untuk mendapatkan penghasilan bulanan. Syarat-syara untuk fitur ini adalah : Kreator serta merek dengan pengikut yang besar dan aktif, Kreator serta merek dengan nilai tambahan untuk ditawarkan ke pendukung, dan saat ini hanya undangan.

Munkin cukup sekian dari admin, semoga ini dapat menjadi referensi yang baik bagi anda untuk meningkatkan penghasilan anda serta menjadi alternatif selain menjadi Youtuber karena kita akan menjadi seorang Facebooker. 

Kurang dan lebih nya mohon di maafkan, bilamana ada hal yang ingin di tanyakan maka anda dapat menuliskannya di kolom komentar bawah atau tekan tombol add comment jika anda belum menemukan kolom komentar, akhir kata tidak ada proses atau usaha yang sia-sia sekian dan terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Syarat dan Cara Monetisasi Facebook"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel