-->

Cara Memperbaiki Diindeks Meski Diblokir robot.txt Pada Google Search Console

Selamat datang di website yang sederhana ini semoga anda selalu diberi kesehatan agar tidak mengalami kendala dalam membaca artikel admin ini. Kali ini admin akan membahas tentang cara memperbaiki masalah di indeks meski diblokir robot.txt yang muncul pada google search console, karena admin baru saja mendapatkan masalah tersebut dan semoga ini juga menjadi referensi kalian.


Beberapa waktu belakangan ini muncul berbagai masalah pada Google Search Console yang merupakan tempat mengindeks artikel para blogger. Masalah yang kini dialami admin adalah tentang di indeks meski di blokir robot.txt setelah sebelumnya mengalami masalah pada breadcrumb dan bila anda juga mengalami masalah breadcrumb dan sampai saat ini anda belum memperbaiki atau menemukan solusi cara memeperbaiki breadcrum, maka anda dapat membaca postingan admin tentang 2 Cara Memperbaiki Data-vocabulary.org Schema Deprecated Pada Google Search Console.

Baiklah admin akan membahas bagaimana cara memperbaiki atau mengatasi masalah pada di indeks meski diblokir robot.txt pada Google Search Console.
1. Masuk/ login ke akun blogger anda.
2. Masuk ke menu setelan => pilih prefensi penelusuran.
3. Disana terdapat robot.txt khusus, tekan edit dan akan keluar pertanyaan " aktifkan konten robot.txt khusus ? " => pilih saja Ya.
4. Kemudia akan terbuka kolom robot.txt seperti gambar berikut ini.

5. Masukkan kode dibawah ini pada kolom tersebut.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow:

Sitemap: https://urlwebsitekalian.com/sitemap.xml
Sitemap: https:/urlwebsitekalian.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Sitemap: https://urlwebsitekalian.com/feeds/posts/default
Sitemap: https://urlwebsitekalian.com/sitemap-pages.xml
Jika anda belum mendaftarkan peta situs atau sitemap pada Google Search Console, alangkah baiknya jika anda memasukkan Sitemap di atas terdahulu untuk memudahkan search console dalam menelusuri dan mencegah masalah yang mungkin akan terjadi.
6. Ubah url website atau seperti yang admin tandai warna kuning dengan url  website atau blog anda.
7. Setelah itu klik tombol simpan perubahan.

Untuk melihat apakah perubahan robot.txt yang anda simpan sudah terkirim, maka anda dapat melihatnya pada robot.txt testing tool lalu pilih properti yang merupakan website anda.

Setelah anda memilih properti, maka akan muncul penguji robot.txt website anda. Bila robot.txt yang terbaca tidak sama dengan robot.txt yang kita simpan tadi seperti pada contoh langkah ke 5, maka samakan dengan cara copy robot.txt yang anda buat tadi pada halaman setelan prefensi penelusuran dan pastekan pada kolom penguji robot.txt.

Jika sudah selesai, maka klik kirim dan google search console akan memperbaharui data robot.txt website anda.

Untuk memastikan bagaimana googlebot tidak mengindeks halaman ini, maka anda cukup menambahakan kode berikut kedalam Edit HTML blog anda tepat dibawah kode <head>.

<!-- Noindex halaman pencarian, label, dan arsip -->
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;archive&quot;} or data:blog.searchLabel or data:blog.searchQuery'>
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
</b:if>

Setelah itu tekan tombol simpan, lalu masuk ke Google Search Console dan memvalidasi masalah tersebut. Mungkin cukup sampai disini pembahasan saya, apa bila ada yang ingin ditanyakan  maka anda dapat mengirimkan komentar anda pada kolom komentar dibawah serta kurang dan lebihnya mohon di maafkan, sekian dan terimakasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Cara Memperbaiki Diindeks Meski Diblokir robot.txt Pada Google Search Console"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel